Kamis, 15 Desember 2011

BEBERAPA FAKTA MENGENAI GIGI

ASAM bisa seburuk gula.Gula bukan satu-satunya penjahat gigi.Keasaman makanan yang ber-PH rendah,seperti permen asam, makanan ringan,dan jus buah,dapat membuat gigi menjadi rapuh.
Lapisan email merupakan bahan yang paling keras,tapi mudah rusak.Es,popcorn,dan tindik pada lidah dan bibir dapat membuat gigi patah,gigi tidak dapat tumbuh kembali.
      Anda dapat kehilangan gigi pada usia berapapun.Gigi-gigi yang hilang adalah gigi geram,gigi bungsu,dan gigi seri samping,yang terletak disamping gigi depan yang besar.Orang kehilangan gigi bisa karena keturunan,bisa juga karena penyakit gusi dan gigi berlubang.
      Tentu banyak fluoride tidak baik.Fluoride memang penting untuk kesehatan gigi.Tetapi anak-anak yang berusia 8 tahun atau lebih muda,yang menggunakan bahan ini berlebihan sangat tidak baik.Mengapa? karena pertumbuhan gigi mereka sedang berlangsung.Kalau pada saat itu terlalu banyak fluoride, akan timbul fluorisis.Ciri dari fluorisis adalah munculnya noda-noda putih pada gigi yang kemudian berubah menjadi cokelat.Noda ini tidak dapat dihilangkan.


       Berikut ini adalah beberapa tips supaya gigi sehat




MAKAN KACANG-KACANGAN penuh setiap hari, seperti beras merah oatmeal, dan roti gandum bukannya biji-bijian murni, seperti roti putih dan nasi.


MAKAN SAYUR-SAYURAN sehat,termasuk yang berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna orange.


MAKANLAH BUAH-BUAHAN padat seperti apel dan pir.Buah-buahan ini memang mengandung gula alami,tapi kandungan air didalamnya mencairkan efek gula.


JANGAN MINUM SOFT DRINK atau minuman yang mengandung gula lainnya,seperti teh atau kopi sepanjang hari.


JANGAN MAKAN YANG ASAM ASAM karena dapat menimbulkan demineralisasi,yaitu hilangnya zat garam secara berlebihan,dan erosi pada gigi.


GOSOKLAH GIGI setelah makan,setidaknya dua kali sehari.


MENGUNYAH PERMENT KARET yang mengandung xylitol(gula alami) dapat membantu mengurangi gigi berlubang.


BERHENTILAH MEROKOK dan menggunakan produk tembakau dalam bentuk apapun.


semoga artikel dapat bermanfaat buat anda...fakta mengenai gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar